First blog post

First blog post‘, itu adalah sebuah judul postingan yang secara otomatis diberikan oleh WordPress.com ketika saya membuat blog ini. Sebenarnya saya sudah lama ingin membuat blog, meskipun hanya untuk menulis sedikit hal – hal yang saya tahu dan yang paling penting adalah sebagai catatan ketika saya lupa. Namun etah kenapa saya tidak menemukan suatu alasan yang tepat yang bisa membuat saya untuk memulai menulis.

Setelah berselancar di media sosial dan keluar masuk dibeberapa situs dan blog―untuk memcari beberapa hal yang ingin saya pelajari―, akhirnya saya menemukan sebuah kutipan yang sangat membuat saya kagum dan sekaligus malu. Kutipan itu datang dari salah satu tokoh sastrawan terkenal kita, yaitu Bpk. Pramoedya Ananta Toer. Kutipan itu membuat saya sangat – sangat malu. Bagaimana tidak, saya yang banyak mendapatkan ilmu dan berbagai macam hal tentang hobi dan begitu juga dengan hal – hal lain yang ingin saya pelajari yang bersumber dari berbagai macam artikel yang tersebar luas di internet. Dan kebanyakan dari hal itu saya dapatkan secara gratis, saya hanya perlu menyediakan koneksi internet, laptop/HP dan sedikit kesabaran untuk belajar.

Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.

― Pramoedya Ananta Toer

Itu adlah kutipan legendaris yang sangat memberikan saya inspirasi.

Berhubung blog ini berinama Libre Machine―hanya karena saya suka dengan ejakannya―, disini saya akan banyak membahas tentang dunia machine, yaitu tentang komputer, software, pemprograman dan sedikit tentang alat elektronik.

Semoga disini saya bisa membuat tulisan yang tidak hanya berguna untuk saya sendiri―sebagai catatan―tetapi juga bisa berguna untuk orang lain yang membutuhkan. Dengan begitu semoga saya bisa bekerja untuk keabadian dan tidak hilang dalam masyarakat dan sejarah.

Leave a Reply

